Online Web Tutorial

SSL Domain di WapBlog.ID

FSodic.ID SSL

FSodic.ID - Mungkin banyak yang belum mengetahu bahwa blog di WapBlog.ID telah mendukung SSL atau enskripsi aman atau isitlah pada url https menggunakan SSL Wildcard CloudFlare. Kali ini saya akan membagikan salah satu cara membuat ssl pada domain sendiri yang diparkir di wapblog.id dan membuat icon gembok url active.

Keuntungan mengaktifkan SSL akan saya bahas terlebih dahulu dibawah ini

1. Bebas Iklan Operator (Provider Jaringan)
Kalian pasti pernah merasakan ketika membuka salah satu situs di internet yang tidak melalui sambungan ssl akan muncuk iklan dari provider yang mempromosikan produk-produk dari operator yang kalian pakai. Iklan dari provider biasanya memperlambat koneksi kesebuah situs dimana iklan mereka biasanya inject "ukuran besar". Ya, semua provider di Indonesia menerapkan inject iklan. Entah mereka kekurangan modal ataupun memang ingin "memaksa" mempromosikan produk mereka dengan gratis.
Dengan SSL ini, permintaan browser ke sebuah server akan dienskripsi dan respon dari server juga akan dienskripsi dan hanya dimengerti oleh browser atau peramban yang kalian gunakan.

2. Input Textfield tanpa peringatan
Nah ketika kalian membuka sebuah situs tanpa sambungan https biasanya ketika meng-input text dikolom pencarian atau kolom komentar akan muncul label Tidak Aman (Not Secure) dengan bentuk segitiga (di Chrome Browser). Tetapi ketika kalian membuka situs dengan ssl yang valid tidak akan terjadi apapun.

3. Koneksi yang lebih cepat
Entah disadari atau tidak, membuka situs dengan koneksi https dapat mempercepat respon yang diberikan dari server tujuan entah itu dalam hitungan milisecond ataupun sudah ke second (bergantung besar halaman yang dimuat).

4. WapBlog Subdomain sudah SSL
Salah satu keuntungan lain menggunakan wapblog, kalian juga bisa merasakan menggunakan SSL tanpa syarat atau gratis diblog kalian. Yap, semua subdomain WapBlog baik platform maupun blog sudah dapat dibuka melalui koneksi https. Walau pengaturan belum tersedia didashboard (dalam pengerjaan) kalian sudah bisa membuat blog kalian dapat diakses dengan SSL.
Contoh: https://fs.idnblogger.com

SSL domain yang akan kita gunakan kali ini adalah ssl dari Cloudflare DNS, yap pastikan kalian mendaftar terlebih dahulu.

1. Masukan domain baru

Tunggu proses scan domain, untuk memastikan domain terdaftar dan bukan domain perusahaan besar

2. Isikan DNS Seperti biasa untuk memparkir domain ke wapblog.id
Perlu diingat: bahwa DNS wapblog terlah berubah seperti ini:
A Record Domain Target: 51.xx.xx.251
CName WWW Target: cdn.wapblog.id
TXT Record Target: wapblog-domain-verification=xxx.bloger.id

3. Matikan cloud orange cloudflare atau Status Proxy ke DNS Only
DNS only hanya untuk mendeteksi bahwa domainmu terparkir ke WapBlog.ID. Simpan pengaturan ini sementara hingga proses selanjutnya dan tunggu email atau pemberitahuan bahwa domain berhasil ditambahkan ke cloudflare.

4. Buka Panel dan parkir domain bila belum
Setelah mendapat email, buka panel wapblog dan masukan subdomain Apabila cloud orange kalian menyala, server wapblog secara otomatis akan mendeteksi IP dari cloudflare bukan ip ke WapBlog.ID.

5. Nyalakan cloud orange (Proxied)
Apabila domainmu berhasil diparkir ke WapBlog.ID kalian bisa langsung menyalakan Cloud Orange di Dashboard Cloudflare untuk Cname dan A Record.

6. Buka pengaturan SSL
Setelah menyalakan cloud orange, kalian bisa beralih ke tab SSL/TLS

7. Flexible SSL

Dibagian ini, kalian pilih flexible agar cloudflare tidak mencoba menghubungi server port 443.

Nah sekarang buka situsmu dengan https, seperti: https://www.domainmu.com

Apabila langkamu tepat, kamu akan melihat blogmu dapat diakses dengan https.

Oke, cukup sekian dan sampai jumpa lagi